Download Panduan Pendamping Pemanfaatan TIK (PemanTIK) Tahun 2024

Download Panduan Pendamping Pemanfaatan TIK (PemanTIK) Tahun 2024
Download Panduan Pendamping Pemanfaatan TIK (PemanTIK) Tahun 2024


Download Panduan Pendamping Pemanfaatan TIK (PemanTIK) Tahun 2024. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pendidikan dan juga pemanfaatan akun layanan pendidikan menjadi salah satu kunci utama dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital. Pemanfaatan TIK dan akun akses layanan pendidikan memungkinkan guru untuk menyampaikan materi pembelajaran dengan lebih menarik dan interaktif, serta membantu siswa untuk belajar secara mandiri dan juga berkolaborasi.

 

Namun, pemanfaatan TIK dan akun akses layanan pendidikan di Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan. Salah satu tantangan utama adalah keterbatasan sumber daya manusia. Hal ini sesuai dengan hasil survei yang dilakukan oleh tim PDM-03B Transformasi Digital untuk Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, kepada dinas pendidikan kabupaten/kota dan provinsi. Survei tersebut menemukan bahwa 44% kendala yang dihadapi oleh satuan pendidikan dalam pemanfaatan TIK dan akun layanan pendidikan adalah terkait sumberdaya manusia, bahkan baru 50% dinas pendidikan kabupaten/kota atau provinsi menunjuk tenaga khusus yang ditugaskan untuk transformasi digital untuk pemanfaatan TIK dan akun akses layanan pendidikan.

 

Seiring dengan tantangan yang dihadapi, dalam upaya meningkatkan adaptasi pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran di tingkat daerah, diperlukan pembentukan petugas Pendamping Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PemanTIK). Peran PemanTIK diharapkan dapat mendukung efektivitas pemanfaatan TIK di lingkup pendidikan tingkat daerah. Sebagai pendamping, PemanTIK memiliki peran dan tanggung jawab untuk memastikan bahwa akun pembelajaran, perangkat TIK, dan aplikasi pendukung pembelajaran benar-benar dimanfaatkan secara optimal oleh sekolah-sekolah di wilayah dampingannya.

 

Selain itu, PemanTIK juga berperan sebagai penggerak dan pendorong program-program transformasi digital di daerahnya. Dengan mendukung inisiatif ini, PemanTIK memainkan peran strategis dalam mempercepat adaptasi teknologi di satuan pendidikan, memajukan kecakapan digital, serta meningkatkan kualitas pembelajaran secara menyeluruh. PemanTIK bukan hanya sebagai fasilitator teknologi, melainkan juga sebagai agen perubahan yang mendorong terciptanya lingkungan pembelajaran yang inovatif dan berdaya saing di era digital ini.

 

Panduan PemanTIK ini dimaksudkan sebagai acuan pelaksanaan pembentukan petugas Pendamping Pemanfaatan TIK (PemanTIK) bagi kepala dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota. Sedangkan tujuan khususnya, sebagai berikut:1) Menjelaskan konsep PemanTIK kepada kepala dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota. 2) Menjelaskan proses perencanaan dalam pembentukan petugas pemantik kepala dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota; 3) Menjelaskan proses implementasi penyelenggaraan PemanTIK bagi kepala dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota.; 4) Menjelaskan proses monitoring dan evaluasi penyelenggaraan PemanTIK bagi kepala dinaspendidikan provinsi/kabupaten/kota.

 

Setelah membaca panduan PemanTIK, baik kepala dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota, mampu: 1) Mendapatkan informasi konsep PemanTIK; 2) Mendapatkan gambaran proses perencanaan dalam pembentukan petugas PemanTIK; 30 Mendapatkan proses implementasi penyelenggaraan PemanTIK; 4) Mendapatkan panduan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan PemanTIK.


Selengkapnya silahkan download dan baca Buku Panduan Pendamping Pemanfaatan TIK (PemanTIK) Tahun 2024. 




Link download DISINI

 

Demikian informasi tentang Link Download Buku Panduan Pendamping Pemanfaatan TIK (PemanTIK) Tahun 2024. Semoga ada manfaatnya.

 




= Baca Juga =



Post a Comment

Previous Post Next Post


































Free site counter


































Free site counter